Kamis, 26 April 2018 - 13:55:33 WIB
PENYUSUNAN STANDAR LABORATORIUM PENDIDIKAN DIPLOMA III DAN DIPLOMA IV PENDIDIKAN TENAGA KESEHATAN
Diposting oleh : Administrator
Kategori: ARTIKEL - Dibaca: 64 kali

 

Dalam rangka penjaminan mutu pendidikan tenaga kesehatan, Pusat Pendidikan SDm Kesehatan akan menyusun Standar Laboratorium Pendidikan Diploma III (Refraksi Optisi, Terapi Wicara, Akupuntur, Rekam Medik dan Informasi Kesehatan) Serta Diploma IV Gizi, Kesehatan Lingkungan, Farmasi dan Teknik Elektro Medik). Dalam kegiatan ini, Poltekkes Kemenkes Malang di undang dan diwakili oleh Chyntia Vicky Alvionita, SST dari Jurusan Kesehatan Terapan.

Kegiatan ini dilaksanakan 2 kali. Yang pertama penyusunan draft standar laboratorium yang dilaksanakan pada tanggal 21-23 Maret 2018 di Crowne Plaza Hotel, Jakarta. Yang Kedua dilaksanakan pada tanggal 16 – 18 April 2018 di Millenium Hotel, Jakarta.

Untuk Kelompok RMIK terdiri dari Elise Garmelia, S.Sos.M.Si dari Poltekkes Kemenkes Semarang, Chyntia Vicky Alvionita, SST dari Poltekkes Kemenkes Malang, Ulfah Fauziah, SST.RMIK dari Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya, Dr. Hozizah, M.KM dari Universitas Esa Unggul Jakarta.

Pendidikan tenaga kesehatan merupakan pendidikan vokasi yang lulusannya  memiliki keterampilan khusus/spesifik, untuk itu kurikulum pendidikan tenaga kesehatan memuat kurikulum inti maksimal 80% dan kurikulum institusi minimal 20%. Struktur program pendidikan tenaga kesehatan memuat 40% kandungan materi teori dan 60% materi praktik, sehingga laboratorium memegang peranan penting dalam pencapaian kompetensi yang disyaratkan dalam kurikulum.

Kondisi sarana prasarana laboratorium pada masing-masing institusi berbeda-beda. Sebagian Institusi memiliki kondisi laboratorium lengkap, namun ada Institusi lain yang memiliki kondisi laboratorium sangat minim. Hal ini akan mempengaruhi kualitas proses pembelajaran praktik di laboratorium. Kesenjangan yang terjadi ini karena  standar laboratorium pendidikan tenaga kesehatan yang disusun pada tahun 2010 sudah tidak sesuai lagi.

Untuk itu Kementerian Kesehatan mengantisipasi dengan merevisi Standar Laboratorium Pendidikan. Standar Laboratorium Pendidikan ini merupakan standar minimal yang harus dipenuhi oleh setiap institusi pendidikan. Standar laboratorium ini dirancang dengan memperhatikan : (1) Kesesuaian dengan visi, misi institusi penyelenggara pendidikan (2) Mendorong menuju pengelolaan yang profesional, (3) Mengacu pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, (4) Sesuai kebutuhan masyarakat dan dunia kerja, (5) Mengacu pada kebutuhan proses pembelajaran, (6) Mendukung terciptanya suasana akademik yang kondusif, dan (7) Mempertimbangkan aspek kecukupan, kesesuaian, keamanan, kenyamanan, dan daya tampung/pemanfaatan beban, kekuatan fisik, dan kemudahan.

Dari kegiatan tersebut, kelompok RMIK telah berhasil membuat 2 Standar Laboratorium untuk Diploma III Rekam Medis dan Informasi Kesehatan dan Sarjana Terapan Manajemen Informasi Kesehatan.  Dengan tersusunnya standar diharapkan agar institusi pendidikan Diploma III Rekam Medis dan Informasi Kesehatan dan Sarjana Terapan Manajemen Informasi Kesehatan memiliki sarana dan prasarana yang dapat memenuhi atau melebihi standar laboratorium.

 

 



3 Komentar :

Nuga best nm 5000
26 April 2018 - 19:25:02 WIB

Semoga dengan ada penyusunan standard labortorium pendidikan di poltekkes malang tambah maju berkembang.
Guion trench grating
11 Mei 2018 - 10:19:26 WIB

Mаgnificent goods from you, man. I've take note your stuff prior to and you
aare just extremely magnificent. I гeally like ᴡhat you have bought here,
reaᴢlly lіke whɑt you're saying and the way in which during
which ʏou are saying it. You are making it entertaining
and you continue to care for too stay it sensible.
I can't wait tt᧐ learn much more from ʏou. That iis really a greаt ѡeb site.
round storm drain grates
19 Mei 2018 - 08:12:10 WIB

Ꮤow, fantastic blog structure! Hoow lengthy have you eѵer been running a blog for?
you make blogging glance easy. The overall glance of your website is fantastiϲ, as
well as thhe content material![X-N-E-W-L-I-N-S-P-I-N-X]I just
could not go aᴡаy your ᴡeb site before sսggesting that I really lovеd the
usᥙal іnfo an individual provide for yоur visitors?
Is ɡoing to be again regularly to check up on new posts.

Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)